TENTANG KAMI

Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan (HPT), Fakultas Pertanian UGM semula terdiri dari dua jurusan, yaitu Jurusan Ilmu Hama Tumbuhan dan Jurusan Ilmu Penyakit Tumbuhan. Kedua jurusan tersebut kemudian digabung berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 22/DIKTI/Kep/1985.

Pada saat itu Departemen HPT memiliki dua program studi, yaitu Program Studi Ilmu Hama Tumbuhan dan Ilmu Penyakit Tumbuhan. Pada tahun 1996 kedua program studi yang ada digabung menjadi satu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 221/DIKTI/Kep/1996, sehingga Departemen HPT hanya mempunyai satu program studi yaitu Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan dengan dua minat/konsentrasi: Ilmu Hama Tumbuhan dan Ilmu Penyakit Tumbuhan. Jurusan HPT juga menyelenggarakan dua Program Studi Pascasarjana yaitu Program Studi Ilmu Hama Tumbuhan dan Program Studi Fitopatologi. Mulai tahun 2012, Departemen HPT juga secara langsung menjadi penyelenggara Program Doktor Ilmu Pertanian dengan minat Studi Ilmu Hama Tumbuhan dan Minat Studi Fitopatologi. Berdasarkan kebutuhan kompetensi lulusan maka pada tahun 2000, Departemen HPT juga disebut Departemen Proteksi Tanaman. Dicapainya akreditasi A skala Nasional “BAN-PT” dan juga tersertifikasi¬†ASEAN “AUN-QA”, membuktikan bahwa Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan merupakan lembaga pendidikan tinggi unggulan di bidangnya.

Staff Member

Sesuai visi, misi, dan tujuan Jurusan HPT, jumlah sarjana yang telah diluluskan terhitung sejak masih merupakan dua jurusan sebanyak 1001 orang saat ini telah bekerja pada berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Daftar lulusan yang diterima bekerja di instansi pemerintah maupun swasta pada dua tahun terakhir, dapat dilihat di Prospek Lulusan. Banyaknya lulusan yang langsung dibutuhkan oleh stakeholders membuktikan bahwa lulusan HPT telah mempunyai kompetensi untuk bersaing dan bersinergi di bidangnya.