Evaluasi Praktikum Taksonomi Serangga Dewasa
Bulaksumur, 5 Januari 2018
Setelah satu semester mengikuti kegiatan perkuliahan dan praktikum mandiri berupa koleksi dan identifikasi serangga pradewasa, di penghujung semester mahasiswa wajib mengikuti evaluasi (responsi) praktikum guna melengkapi penilaian matakuliah. Pada tahun ini, responsi praktikum berupa presentasi poster yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Poster yang dibuat berisi kunci identifikasi famili dari serangga-serangga yang sudah dikoleksi oleh mahasiswa.
Setelah dianggap memenuhi target jumlah famili untuk koleksi, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan perbedaan masing-masing famili yang didapatkan melalui presentasi di hadapan Dosen (Dr. Suputa), Asisten praktikum (Bp. Ahmad Taufik Arminuddin, S.P., M.Sc.) dan rekan mahasiswa S1. Responsi ini sendiri terdiri atas tiga sesi yaitu sesi pesentasi oleh mahasiswa, sesi tanya jawab dengan Dosen dan Asisten praktikum, dan sesi ujian tertulis singkat.
Presentasi oleh mahasiswa dilakukan selama 10 menit, menjelaskan tentang ciri pembeda famili serangga yang dimiliki (kurang lebih 15 spesimen) masing-masing mahasiswa. Urutan Presentasi yaitu 1. Yurista menjelaskan tentang famili pada ordo Orthopthera, Odonata, Hemiptera, dan Dermaptera. 2. Novira menjelaskan tentang famili pada ordo Coleoptera, Neuroptera, dan Isoptera. 3. Verfita menjelaskan tentang famili pada ordo Lepidoptera. 4. Rina menjelaskan tentang famili pada ordo serangga air yaitu Ephemeroptera, Plecoptera dan Trichoptera, serta famili pada ordo Thysanoptera, Phthiraptera, dan Blattodea. 5. Graha menjelaskan tentang famili pada ordo Hymenoptera dan Diptera. 6. Rahmi menjelaskan tentang famili pada ordo Hemiptera.
Sesi yang kedua yaitu sesi tanya jawab oleh Dosen dan Asisten praktikum, dimana pertanyaan yang dilontarkan seputar ciri khas morfologi yang menjadi pembeda antara famili-famili yang sulit dibedakan, status serangga di alam, nama ilmiah baik genus maupun spesies, dan pengetahuan dasar tentang morfologi serangga pradewasa. Selain Dosen dan asisten mahasiswa juga diperbolehkan untuk memberikan pertanyaan kepada presentator.
Di akhir sesi diberikan pengaarahan dan evaluasi jalannya praktikum dari bapak Suputa dan bapak Taufik mengenai pentingnya mempelajari serangga pradewasa dan memahami tentang morfologinya dalam ilmu pertanian, juga pentingnya pembelajaran proses dalam mempelajari suatu ilmu. Bahwa proses belajar tidak hanya dilihat dari nilai akhir, namun juga dilihat dari semangat belajar dan rasa keingintahuan dari mahasiswa yang akhirnya dapat membawa pada perkembangan pengetahuan.